[iOS/Swift 3] Cara Memasang dan Menggunakan Cocoapod

Pernahkah kalian mendengan tentang dependency manager? Cocoapod adalah salah satu dependency manager untuk aplikasi berbasis iOS. Dependency manager dibuat untuk mempermudah pengembang aplikasi mengintegrasikan sebuah library ke proyek aplikasi yang sedang dikembangkannya. Pengembang bisa saja memasang secara manual library yang ingin digunakan, seperti yang kita lakukan pada tutorial Berbagi Konten Ke Facebook, bagaimana jika library yang digunakan banyak? Cara seperti itu akan membuang banyak waktu, akan lebih cepat jika memasang library dengan menggunakan dependency manager. Let's get started!

1. Buka Terminal kemudian ketik:

sudo gem install cocoapods

atau jika kalian menggunakan Mac OS X El Capitan ketik:

sudo gem install -n /usr/local/bin cocoapods

Jika versi Ruby kalian tidak mendukung, update ke versi terbaru. Setelah proses pemasangan akan ada banyak sekali pesan, baca dengan teliti jika tidak ada error, maka berikutnya memasang "Master Repo".

2. Ketik:

pod setup

untuk memasang "Master Repo". Tunggu hingga pengunduhan selesai, anda bisa mengecek aktifitas mengunduhan di tab Network di aplikasi Activity Monitor. Terakhir saya memperbarui "Master Repo" ukurannya +/- 500 MB. Jika telah muncul pesan pemasangan selesai, anda sudah bisa menggunakannya di proyek Xcode anda.

3. Buat dan simpan sebuah proyek Xcode. Navigasi ke direktori proyek Xcode anda di Terminal, contohnya:

cd /Users/abc/Documents/ProyekXcode

kemudian tekan enter dan ketik:

pod init

4. Pada direktori proyek Xcode anda cari file yang bernama "Podfile", lalu buka dan ketik nama library yang ingin anda gunakan, contohnya pod 'Alamofire' (untuk networking), pod 'Gloss' (untuk JSON Parser dan Extractor), dll. Setelah itu simpan file danpada Terminal ketik

pod install

.

5. Akan ada banyak file yang dihasilkan dari proses pemasangan library tadi. 1 hal penting yang harus diingat, mulai saat ini sampai pengembangan aplikasi anda berakhir, anda tidak lagi mengedit aplikasi anda di file berekstensi ".xcodeproj" tetapi di file berekstensi ".xcworkspace".

Berikutnya jika anda ingin menggunakan Cocoapod di proyek Xcode yang lain, anda hanya perlu mengulang langkah nomer 3 sampai nomer 5. Happy coding!

Tingkat kesulitan: Pemula

Share this post to the world:
Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinFacebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

2 Comments on “[iOS/Swift 3] Cara Memasang dan Menggunakan Cocoapod

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *