[Git] Cara Menggunakan Git Pada Xcode

Git adalah hal yang akrab pada pengembang aplikasi saat ini karena sangat memudahkan pekerjaan mereka, apalagi jika di dalam sebuah tim. Oleh karena itu Apple telah mem-bundle Xcode dengan fitur Git, sehingga para pengembang aplikasi di ekosistem besutan Apple tidak memerlukan add-on/plug-in/extension untuk menggunakan Git.

1. Pastikan Anda telah memiliki Xcode dan akun di git hosting, saya akan menggunakan Github karena saya telah memiliki akun disana.

2. Buatlah repository di sana dengan membuat tambahan file .gitignore dan tanpa membuat file readme.md. Anda dapat menambahkan lisensi untuk repo Anda, lihat referensi lisensi-lisensi open source di sini. Jika telah upgrade akun, Anda dapat membuat unlimited private repo dengan biaya US$ 25/bulan untuk akses oleh 5 orang, lihat preferensi harga upgrade akun Github di sini. Tekan tombol "Create Repository" jika Anda telah selesai dengan setup awal repo Anda.

3. Untuk mengisi repo tersebut Github memberi petunjuk tentang caranya. Untuk saat ini copy alamat URL HTTPS pada group box yang paling atas. Alamat URL ini akan ditambahkan sebagai remote git di proyek Xcode nanti. Ini adalah hal yang paling umum dilakukan oleh kebanyakan pengembang.

4. Buat sebuah proyek Xcode, beri nama dan pilih template sesuai keinginan Anda. Saat di dialog box untu menentukan direktroi penyimpanan, jangan lupa centang "Create Git repository on Mac".

5. Jika Anda telah mempunyai proyek untuk ditambahkan version control-nya, tetapi saat membuat proyeknya Anda tidak melakukan langkah ke-4, jangan khawatir Anda tidak perlu membuat ulang proyeknya dari awal, cukup pilih menu Source Control > Create Working Copy. Langkah ke-4 dan 5 ini akan membuat Xcode menambahkan folder .git(hidden) pada direktori proyek Xcode Anda. Jika sudah, nanti menu Source Control Anda akan memiliki submenu yang aktif seperti ditunjukan oleh gambar kedua di samping.

6. Ikuti petunjuk pada gambar-gambar di samping untuk menambahkan alamat repo Github sebagai remote repo dari local git proyek Xcode.

7. Jika sudah, lakukan commit untuk pertama kali, Source Control>Commit. Anda akan melihat dialog box seperti di samping setiap kali melakukan commit. Daftar tentang file yang mengelami perubahan ada di panel sebelah kiri, detail tentang perubahan pada file tersebut ada di panel kanan yang lebih besar. Di panel paling bawah Anda akan diminta untuk memberikan pesan/catatan mengenai perubahan terbaru yang Anda lakukan pada file-file tersebut. Pesan/catatan ini bersifat wajib.

8. Kemudian lakukan push ke remote git repo, Source Control>Push. Masukan username dan password github Anda pada push pertama, kemudian akan muncul dialog box seperti di samping. Jika push berhasil akan ada tanda centang hijau dan pesan "Successful" pada dialog box tersebut.

9. Setiap Anda melakukan perubahan pada proyek ini, tinggal lakukan commit dan push saja.

Share this post to the world:
Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinFacebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *