[Git] Cara Mengatur Git Branch Pada Xcode

Membuat, menghapus, menggabungkan dan berpindah branch (git branch) adalah hal dasar yang harus diketahui agar dapat menggunakan Git dengan baik. Oleh karena itu, saya akan memberitahukan caranya pada tutorial kali ini.

Membuat branch baru

1. Buat sebuah proyek Xcode, beri nama dan pilih template sesuai keinginan Anda. Saat di dialog box untu menentukan direktroi penyimpanan, jangan lupa centang "Create Git repository on Mac".

2. Jika Anda telah mempunyai proyek untuk ditambahkan version control-nya, tetapi saat membuat proyeknya Anda tidak melakukan langkah ke-4, jangan khawatir Anda tidak perlu membuat ulang proyeknya dari awal, cukup pilih menu Source Control > Create Working Copy. Langkah ke-4 dan 5 ini akan membuat Xcode menambahkan folder .git(hidden) pada direktori proyek Xcode Anda. Jika sudah, nanti menu Source Control Anda akan memiliki submenu yang aktif seperti ditunjukan oleh gambar kedua di samping.

3. Ikuti petunjuk pada gambar-gambar di samping untuk menambahkan branch baru. Setelah berhasil membuat branch baru, secara otomatis Anda akan berpindah ke branch tersebut.

Menghapus branch

1. Pastikan semua perubahan pada branch yang sedang dikerjakan telah di-commit, lalu buka window Configure dengan melakukan langkah-langkah seperti pada gambar di samping.

2. Kemudian buka group menu Branches, pilih nama branch yang ingin dihapus, lalu tekan tanda "-" pada bagian kiri bawah. Tanda "+" pada sebelah kiri tanda "-" dapat digunakan untuk membuat branch baru juga, selain dengan menggunakan cara diatas.

Berpindah branch

1. Buka menu Source Control > "nama_app & nama_branch" > Switch to Branch, kemudian pilih branch yang ingin dituju.

Menggabungkan branch

1. Sebelum menggabungkan branch (merge branch) pastikan Anda telah melakukan commit untuk semua perubahan yang telah dilakukan pada masing-masing branch. Ada 2 tipe penggabungan yang dapat dilakukan yaitu, merge from branch dan merge into branch. Bedanya adalah posisi HEAD setelah penggabungan ada di branch yang mana. Jika "merge from selected branch to current branch (merge from branch)" maka posisi HEAD akan tetap berada di current branch setelah penggabungan, sebaliknya jika "merge into branch" artinya menggabungkan perubahan-perubahan dari current branch ke selected branch kemudian berpindah ke selected branch, maka posisi HEAD akan berada di selected branch setelah penggabungan.
2. Perlu diingat jika Anda berada pada master branch, Anda tidak dapat melakukan merge into branch.
3. Tentukan kita ingin berada di branch mana dan tentukan jenis mergingnya, semuanya dilakukan dari menu Source Control, setelah itu tinggal tunggu proses mergingnya selesai.

Share this post to the world:
Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinFacebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *