How To Build A Billion Dollar App: Bagian 2

Spesifikasi Buku How To Build A Billion Dollar App

Penulis: George Berkowski

Penerbit: Penerbit Gemilang

Tempat/Tahun Terbit: Jakarta/2017 (Cetakan 2); -/2016(Cetakan 1)

ISBN: 978-602-71503-7-9

Jumlah Halaman: 580 (Incl. Cover)

Cover: Paperback

Dalam buku ini George Berkowski memberikan panduan (tidak baku) tentang bagaimana membuat bisnis aplikasi mobile yang bernilai jutaan dolar. Buku ini ditulis berdasarkan pengalamannya membesut sebuah aplikasi besar, Hailo. Aplikasi ini berfungsi untuk menghubungkan taksi dengan calon pelanggannya (mirip dengan Uber yang sekarang lebih terkenal dari Hailo di Indonesia). Buku ini sangat cocok bagi siapapun yang ingin belajar tentang dunia tech-startup, baik bagi pelaku usaha di bidang ini (yang telah memiliki pengalaman maupun belum), dosen dan pengamat. Saya sendiri adalah pelaku usaha dibidang ini dengan bendera perusahaan Imperio Teknologi Indonesia. Saya suka buku ini karena memberi saya pandangan yang lebih jelas tentang bagaimana membangun aplikasi B2C (Business to Customer) yang menjual, karena selama ini saya bermain di aplikasi B2B (Business to Business). Untuk melengkapi buku ini, beliau membuat website yang berisi tentang segala sumber daya yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi jutaan dolar, yaitu http://mybilliondollarapp.com/.

Buku ini sangat tebal, terdiri dari 39 bab (7 bagian besar). Oleh karena itu, saya akan membagi posting blog tentang buku ini kedalam 6 bagian. Bagian 1 meliputi 2 bagian besar dari buku ini (4 bab: Bagian I dan Bagian II), bagian 2 meliputi 1 bagian besar dari buku ini (8 bab: Langkah 1), bagian 3 meliputi 1 bagian besar dari buku ini (7 bab: Langkah 2), bagian 4 meliputi 1 bagian besar dari buku ini (8 bab: Langkah 3), bagian 5 meliputi 1 bagian besar dari buku ini (8 bab: Langkah 4) dan bagian 6 meliputi 1 bagian besar dari buku ini (4 bab: Langkah 5). Bagian 1 ini meliputi bagian besar tentang Berpikir Besar, Perjalanan dan App Sejuta Dolar. Ketiga bagian besar ini (Bagian I, Bagian II dan Langkah 1) menggambarkan tentang kerangka pikiran dasar untuk membangun sebuah app yang menjual, apa yang harus dilakukan di masa-masa awal membangun app, mencari co-founder dan karyawan-karyawan awal, mendapatkan pendanaan dan dokumen-dokumen legal yang harus diperhatikan. Berikut ini poin-poin penting dari ketiga bagian besar tersebut:

Langkah I: App Sejuta Dolar

Membangun Tim Pendiri, Validasi Produk, dan Menggalang Bibit Pendanaan

Beranjak dari Tiada ke App Sejuta Dolar
Ide Anda punya sebuah ide besar dan Anda telah memvalidasi bahwa jutaan, kalau bukan miliaran, orang akan menyukainya. Kejar ke sana dan uji ide besar Anda untuk sebuah app, tuangkan itu di atas kertas, dan mulai mencari umpan balik. Itu langkah pertamanya.
App
  • Gambarkan ide Anda--solusi Anda-- terjemahkan ke dalam app. Buat coretan di atas kertas tisu, buat sketsa di Photoshop, lakukan apapun yang Anda butuhkan untuk membuat ide Anda riil dan bisa berkomunikasi dengan orang lain.
  • Setelah Anda menelurkan sebuah desain hebat, mulailah membuat prototipe-nya. Sasaran Anda adalah mengantarkan karya itu ketangan para pengguna dengan cepat, agar Anda mendapatkan umpan balik sebanyak mungkin. Sasaran Anda adalah mendorong ke arah munculnya "wow!"
  • Apa pun yang terjadi, Anda membutuhkan sebuah app yang siap di tangan para pengguna. Jika model bisnis Anda sesederhana e-game,perangkat lunak untuk layanan, maka pastikan itu operasional, walaupun hampir tidak berkembang.
  • Jika model Anda lebih rumit (e-commerce), maka Anda harus punya rumusan konsep yang solid. Gunakan itu untuk memastikan Anda mendapatkan investasi untuk membangunnya.
Tim
  • Anda tidak boleh menggunakan alasan tidak punya teman pendiri sehingga melambatkan kemajuan Anda, tetapi menemukan seorang partner in crime yang memiliki kesamaan visi dan keterampilan yang melengkapi akan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.
  • Tandai orang-orang penting yang Anda butuhkan dalam tim untuk mewujudkannya--dan lakukan apa pun yang Anda bisa untuk membawa mereka masuk tim. Merekrut orang kan menjadi tugas nomer satu Anda sepanjang hidup app Anda.
  • Tiga peran kunci membutuhkan orang yang tepat: 1) Seseorang yang memimpin visi produk (pemimpin pengembangan produk); 2) Seseorang yang membangun teknologi (engineer/programmer); 3) Seseorang yang fokus mencari pengguna dan menghasilkan uang (marketer)
Model Bisnis
  • Sudah bukan masanya lagi Anda tidak memiliki sebuah model bisnis sejak Hari Pertama. Hanya ada 5 model bisnis yang menggerakkan app miliaran dolar (game, e-commerce, Saas, Ads, enterprise)--pastikan Anda tahu mana yang milik Anda.
  • Pikirkan tentang analisis dan bagai mana Anda akan mengukur performa app Anda, dan karena itu kinerja bisnis Anda.
Valuasi Ide-ide harganya seperak selusin. Eksekusinyalah yang berharga uang. Anda akan mendorong valuasi yang solid jika Anda bisa mendapatkan tim yang tepat, untuk menghadirkan sebuah produk yang digemari pengguna. Lakukan itu dan Anda akan bernilai $1 juta. Jika Anda melakukan itu dengan sangat baik, Anda akan bernilai sekitar $4 juta-$5 juta--rata-rata valuasi sebuah start-up didanai pada tahap awal.
Pengguna
  • Ibu Anda berjanji menggunakan app Anda--jadi, pastikan dia melakukannya. Bujuk setiap teman dan anggota keluarga untuk mengunduhnya, menggunakannya--dan memberi umpan balik brutal yang jujur.
  • Perkirakan pengguna target Anda segera, dan cari tahu bagaimana menyasar mereka dan menghadirkan app ke tangan mereka.
  • Targetkan untuk mendapatkan umpan balik dari ratusan pengguna riil, kalau tidak seribu (jika model bisnis Anda e-commernya, maka beberapa ratus ribu umpan balik akan menjadi awal yang baik).
Investasi Anda akan menginvestasikan, darah, keringat dan air mata Anda sendiri pada titik ini. Jika Anda sudah berhasil meraih ide, tim, prototipe dan sejumlah pengguna, maka seseorang mungkin Akan senang memberi Anda pada kisaran antara $250k-$1 juta dengan imbalan kepemilikan persentase tertentu di perusahaan app baru Anda.

Bab 5 - Mari Kita Mulai, hal. 108: Bagian pertama dari perjalanan ini adalah tentang memvalidasi ide Anda, pasar, produk, dasar-dasar model bisnis Anda--dan menempatkannya dalam satu rencana serangan.

Bab 5 - Mari Kita Mulai, hal. 109: Ini adalah tentang validasi app dengan para pengguna--di dunia nyata-- dan mulai mengumpulkan umpan balik yang objektif. Ini tentang memperkirakan--dengan angka--berapa banyak orang yang menyukai ide Anda, berapa lama mereka menghabiskan waktu menggunakannya--atau berapa banyak uang yang yang mereka habiskan untuknya (app kita).

Bab 5 - Mari Kita Mulai, hal. 111: Model bisnis tahun 2007++ adalah jumlah unduhan yang tinggi, daily active user yang cukup tinggi dan revenue yang dihasilkan sejak hari pertama app berjalan di pasaran.

Bab 5 - Mari Kita Mulai, hal. 112: It is more than an app, it has to be a business!

Bab 5 - Mari Kita Mulai, hal. 113-115: Contoh-contoh perusahaan dengan 5 model bisnis miliaran dolar: 1) Game: Angry Birds, Clash of Clan, Candy Crush, dll; 2) e-Commerce: Uber, Hailo, Square, (Tokoepedia, Amazon, eBay, Bukalapak, Blibli, Carousel, Alibaba), dll; 3) Iklan: Instagram, Facebook, Flipboard, Snapchat, Twitter, dll; 4) SaaS: WhatsApp, Dropbox, Evernote, (Sleekr), dll; 5) Enterprise: Workday, FireEye, Splunk, Palantir, Tableuau, dll.

Bab 5 - Mari Kita Mulai, hal. 115-116: Pastikan orang-orang yang Anda rekrut ke dalam perusahaan start-up Anda adalah yang terbaik--yang sesuai dengan kemampuan belanja Anda untuk merekrut karyawan. Lebih dari itu, pastikan rekan-rekan pendiri dan para investor Anda juga adalah yang terbaik. Dan selalu ingat efek bola salju: semua keputusan yang Anda buat di awal akan membantuk basis dan inti keputusan pada masa yang akan datang.

Bab 5 - Mari Kita Mulai, hal. 117-119: 3 syarat menjadi rekan pendiri yang hebat: 1) Memiliki chemistry yang kuat, atau setidaknya klop; 2) Keahlian yang saling melangkapi; 3) Semangat yang sama dalam mengejar visi start-up Anda.

Bab 5 - Mari Kita Mulai, hal. 122-127: Tempat alternatif untuk mencari rekan pendiri selain dari lingkungan terdekat (inner cirle Anda atau lingkungan tempat Anda bekerja sekarang/kampus tempat Anda kuliah): 1) Pertemuan para pengembang; 2) Konferensi teknologi; 3) Startup Weekend; 4) Meetup.com; 5) Techcrunch Distrupt Hackathon; 6) AngelList.

Bab 5 - Mari Kita Mulai, hal. 128-130: Hal-hal yang harus dilakukan bersama calon rekan pendiri: 1) Makan malam di luar (untuk melakukan background checking yang lebih intim); 2) Buat satu rumusan konsep bersama.

Bab 5 - Mari Kita Mulai, hal. 128-130: Berhati-hatilah dengan orang yang meminta imbalan di awal padahal belum menunjukkan kinerjanya (hal ini berlaku pada calon rekan pendiri, orang yang mengaku sebagai business mentor, dan semacamnya).

Bab 6 - Mengatasi Krisis Identitas, hal. 137: Kesan pertama seseorang terhadap app Anda adalah nama, logo, ikon, tagline atau bahkan nama domain website-nya.

Bab 6 - Mengatasi Krisis Identitas, hal. 137-138: Faktor-faktor penting ketika mempertimbangkan sebuah nama app:

Apakah yang Anda pilih singkat, memikat dan mudah diingat? Contoh: Hailo, Snapchat, Waze, dll. ATAU Apakah nama pilihan Anda khas? Contoh: Uber, Etsy, dll. ATAU Apakah nama pilihan Anda (terdengar/terkesan) pintar? Contoh: Square, Pinterest, dll. ATAU Bisakah nama pilihan Anda menjadi kata kerja? Contoh: Google.

Bab 6 - Mengatasi Krisis Identitas, hal. 139-140: Tempat alternatif untuk mencari nama: 1) namestation.com; 2) sedo.com; 3) domainnamesoup.com; 4) instantdomainsearch.com.

Bab 6 - Mengatasi Krisis Identitas, hal. 141: Berikut ini adalah pedoman-pedoman berharga dalam menentukan URL:

Memiliki versi dotcom untuk nama pilihan Anda memang ideal. Itu memberikan kredibilitas, kepercayaan dan posisi keunggulan yang jelas. Meluncurkan dengan domain "nasional" seperti .co.uk, .co.fr bagus-bagus saja jika Anda punya ambisi kecil, tapi Anda tidak akan mengambilnya jika Anda serius dengan status miliar dolar.
Dapatkan dengan yang sedekat mungkin dengan versi asli domain Anda. Dimulai dari vairian-varian juga sangat bisa; Twitter beroperasi di twittr.com selama bertahun-tahun sebelum punya uang untuk membeli twitter.com, begitu juga Facebook semula adalah thefacebook.com selama bertahun-tahun; dan Uber dulunya bernama ubercab.com sebelum mengakuisisi doman ramping uber.com.
Memulai dengan sebuah domain seperti [namaperusahaan]app.com juga strategi yang bagus jika Anda fokus hanya pada sisi mobile-nya saja.
Alternatif-alternatif lain seperti "get[namaperusahaan].com" dan "get[namaperusahaan]app.com"
juga ide bagus untuk menggelindingkan bola (idealnya, Anda akan mampu membeli versi yang lebih bersih pada kemudian hari).
Dan, jika Anda serius, mulailah proses komunikasi dengan orang yang memiliki "domain impian" Anda--bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, untuk akhirnya mengakuisisi nama itu.

Bab 6 - Mengatasi Krisis Identitas, hal. 142: Setelah selesai dengan urusan nama, saatnya memikirkan detail-detail brand seperti: 1) deret kata (striple); 2) logo; 3)koposisi warna; 4) nada suara; 5) gaya

Bab 6 - Mengatasi Krisis Identitas, hal. 146: Setelah semua urusan tentang branding selesai, saatnya membuat website Anda online. Untuk membuat website Anda dapat menggunakan template seperti pada launchrock.com (atau bootstrap atau berbagai CMS yang sesuai dengan kebutuhan Anda.)

Bab 7 - Menjadi Ramping dan Pelit, hal. 148: Kebanyakan start-up membuat produk tanpa berkomunikasi langsung dengan calon penggunanya, kemudian setelah produknya selesai mereka meluncurkannya dengan pesta besar. Akhirnya mereka menyadari tidak banyak pengguna yang benar-benar memakai atau bahkan mengunduhnya. Apa yang salah?Kebanyakan orang tidak menghabiskan waktu yang mendekati cukup untuk bicara dengan para calon pelanggannya. Memahami target pengguna adalah penting, terutama memahami problem mereka dan bagaimana app Anda akan mengatasi problem-problem tersebut.

Bab 7 - Menjadi Ramping dan Pelit, hal. 151: Anda pilih iOS atau Android untuk meluncurkan pertama kali app Anda? Berikut ini data perbandingan antara keduanya:

1) Pengguna iOS dan Android pada dasarnya sangat berbeda, dalam hal kesukaan untuk membelanjakan uang mereka, demografi bahkan geografis.
2) Pengguna iOS membelanjakan uangnya 2,7x lebih banyak dibanging pengguna Android, sehingga iOS sangat cocok untuk app dengan model revenue premium app.
3) Pada tahun 2014 pengguna Android (1,9 miliar pengguna) lebih banyak 2,7x lipat dibanding kan iOS (700 juta pengguna). Jadi, Android dapat digunakan untuk mendapatkan basis pengguna yang lebih besar.
4) Kebanyakan pengguna Andorid berada di Asia dan Afrika karena sifatnya harganya yang lebih murah.
5) Tampilan antar muka (UI) kedua platform juga sangat berbeda dan masing-masing pengguna platform tidak menyukai UI platform yang lainnya.
6) Pada tahun 2013 ada 12.000 perangkat unik Android di pasaran. Hal ini memunculkan masalah fragmentasi ukuran layar dan beberapa komponen penting lainnya. Jika Anda memilih Android sebagai platform pertama Anda untuk meluncurkan app Anda, Anda perlu biaya yang lebih banyak untuk mencoba app Anda di minimal 10 perangkat Android yang berbeda. Sedangkan di iOS tidak, hanya ada 4 ukuran layar yang berbeda jika Anda juga mengikutsertakan iPad dan iPhone 4 dan iphone 5.

Bab 8 - App Ver 0.1, hal. 161-162: Membuat prototipe app Anda adalah proses yang rumit dan berulang-ulang. Anda harus mendapatkan kesan "wow" dari para calon pengguna secepat, semurah dan seefisien mungkin.

Bab 8 - App Ver 0.1, hal. 163-164: Gunakan cetak biru (blueprint) untuk mulai membuat prototipe. Anda dapat menggunakan alat-alat bantu seperti: 1) PowerPoint; 2) Photoshop; 3) OmniGraffle; 4) moqups.com; 5) balsamiq.com; 6) ninjamock.com; 7) dll.

Bab 8 - App Ver 0.1, hal. 165: 10 prinsip desain yang bagus menurut Dieter Rams: 1) Inovatif; 2) Membuat produk yang berguna; 3) Estetis; 4) Membuat produk bisa dimengerti; 5) Tidak merepotkan; 6) Jujur; 7) Tahan lama; 8) Lengkap sampai detail terakhir; 9) Ramah lingkungan; 10) Desain sekecil mungkin.

Bab 8 - App Ver 0.1, hal. 167: Untuk mendapatkan inspirasi desain unduh dan pelajari app-app yang bernilai miliaran dolar dan app pesaing Anda. Anda juga dapat menemukan screenshots aplikasi-aplikasi di pttrns.com

Bab 8 - App Ver 0.1, hal. 169: Gunakan alat bantu seperti proto.io untuk membuat prototipe dengan lebih mudah dan cepat.

Bab 8 - App Ver 0.1, hal. 172: Untuk menjadikan app Anda sukses, Anda perlu cara sistematis untuk memahami pengalaman-pengalaman para pengguna dan apa yang mereka sukai/tidak mengenai app Anda. Anda harus menganalisis itu semua. Gunakan alat bantu seperti, google analytics, mixpanel, flurry, dll untuk membantu Anda mengumpulkan data-data yang Anda butuhkan tersebut.

Bab 9 - Metrik-metrik Hidup dan Mati, hal. 174: Ada 5 jenis pengukuran yang perlu Anda ingat: 1) Akuisisi: pengguna mengunduh app Anda; 2) Aktivasi: pengguna menggunakan app Anda, atau bahkan membuat akun; 3) Retensi: pengguna menggunakan app Anda lebih dari sekali (metrik ini dapat mengukur daily active user app Anda); 4) Referal: pengguna merekomendasikan app Anda kepada teman-temannya, keluarganya dan orang lain; 5) Revenue: pengguna melakukan sebuah aksi monetisasi pada app Anda (ini bisa berbentuk membeli app Anda di app store atau google play, membeli item melalui in-app purchase, mengklik iklan yang ada di dalam app Anda atau membeli sesuatu dan melakukan pembayaran di dalam app Anda jika app Anda adalah sebuah e-commerce app).

Bab 9 - Metrik-metrik Hidup dan Mati, hal. 177: Untuk menindaklanjuti metrik-metrik tersebut, pertama Anda harus menggambarkan siklus kehidupan pengguna berdasarkan perkiraan Anda. Mari gunakan Hailo sebagai contoh:

Tahap Sasaran Konversi Catatan
Akuisisi Pengguna mengunduh app Terukur, tetapi tidak digunakan sebagai ukuran sukses
Akuisisi Pengguna menggunakan app, baik penekanan pada tombol ataupun sesi lebih dari 10 detik Ini adalah versi kriteria target yang lebih tinggi dari Hailo
Aktivasi Pengguna membuat akun Seorang pengguna yang menunjukkan minat sebagai penumpang
Aktivasi Pengguna menambahkan detail kartu kredit (yang diharuskan untuk pembayaran ongkos) Seorang pengguna yang sudah menunjukkan minat riil sebagai penumpang
Aktivasi Pengguna memesan taksi Hailo masih harus menyediakan pengemudi untuk pengguna
Aktivasi Pengguna menerima konfirmasi dari pengemudi Kerja Hailo selesai--kini tugasnya pengemudi
Aktivasi Pengguna masuk ke taksi Hampir jadi pendapatan (tetapi belum)
Revenue Pengguna selesai menggunakan taksi dan membayar Momen piala

Bab 10 - Mari Dapatkan Pengguna, hal. 180: Gambar bagan dibawah ini menunjukkan berapa banyak setiap saluran memberikan sumbangsih terhadap ditemukannya sebuah app.

saluran_discovery_app

Bab 10 - Mari Dapatkan Pengguna, hal. 181-183: Beberapa tips untuk app-store optimization (ASO): 1) Pastikan judul app Anda mudah dibaca dan bermakna; 2) Deskripsi app Anda terbagi menjadi 2 yaitu deksripsi lipatan atas (1-2 kalimat yang menggambarkan app dan kegunaan utamanya) dan deskripsi lipatan bawah (menggambarkan fitur app dengan jelas dan ciri-ciri sosialnya); 3) Untuk kata kunci: fokus pada kata kunci yang relevan, unik dan bervolume besar, jangan gunakan rangkaian kata atau frase, jangan ulang kata yang sudah ada di judul, jangan gunakan spasi; 4) Pastikan ikon app Anda jelas dan mudah diingat; 5) Tampilkan gambar-gambar app Anda yang paling seksi dibagian screenshots.

Bab 10 - Mari Dapatkan Pengguna, hal. 184: Meskipun Anda membuat sebuah app, jangan lupakan website-nya karena begitu orang-orang meng-goole tentang app Anda, website-nya dapat menjadi hal pertama yang menceritakan tentang app Anda. Buatlah website dengan menggunakan bootsrap agar memiliki desain yang responsif dan jangan lupakan SEO (search engine optimization) dari website tersebut.

Bab 10 - Mari Dapatkan Pengguna, hal. 186-189: Sedikit tips tentang SEO: 1) Lindungi nama domain Anda dengan membeli sekaligus domain-domain dengan ejaan yang salah dari nama domain utama Anda; 2) Periksa rank lalu lintas website Anda, salah satu alat bantu yang terkenal adalah Alexa; 3) Pastikan segala aspek (judul website, judul halaman-halaman, URL, alternatif text gambar, dll) di website Anda mengandung kata kunci yang Anda telah tetapkan. 4) Saling menautkan halaman di dalam website Anda adalah hal yang bagus, tetapi jangan terlalu berlebihan; 5) Buatlah sebuah site map; 6) Berikan konten-konten terbaru sesering mungkin (rilis pers, pos blog, gambar, dll), setidaknya seminggu sekali; 7) Sebarkan link website Anda melalui media-media sosial; 8) Sebarkan link website Anda ke sebanyak mungkin tempat agar organic rank website Anda naik; 9) Buatlah halaman info pers yang bagus dan sederhana, setidaknya berisi info tentang perusahaan Anda seperti: foto, logo, screenshot dan bagian tentang kami.

Bab 10 - Mari Dapatkan Pengguna, hal. 190-191: Berikut ini daftar 10 platform iklan mobile yang disarankan: 1) Admob; 2) Millenial Media; 3) iAd; 4) Flurry; 5) inMobi; 6) Chartboost, 7) MoPub; 8) Amobee; 9) HasOffers; 10) Euclid Analytics.

Bab 10 - Mari Dapatkan Pengguna, hal. 191-193: Untuk mendorong unduhan app Anda, ada 2 hal yang dapat dilakukan: 1) Publisitas (PRWeb, Business Wire, review berbayar, atau temui sendiri para wartawan media teknologi); 2) Sebarkan di media sosial (Anda bisa sebarkan satu-satu ke platform media sosial yang Anda miliki atau atur semua media sosial Anda di satu platform, contohnya HootSuite).

Bab 11 - App Anda Siap Menerima Investasi?, hal. 194: Setelah Anda menguji prototipe app Anda dengan para pengguna riil dan Anda telah memiliki data yang nyata mengenai itu, Anda siap menerima investasi dari luar.

Bab 11 - App Anda Siap Menerima Investasi?, hal. 196: Jika Anda mencari investasi dari luar, Anda harus bisa menunjukkan tingkat akuisisi 80%-90% dari target, tingkat aktivasi 50% dari angka akuisisi dan tingkat referal 2%-5% dari angka aktivasi. Untuk retensi tidak ada acuan khusus, tergantung dari bisnis model Anda. Dan untuk revenue adalah sebuah bonus, tidak harus ada saat Anda mencari investasi awal, tapi jika sudah ada, itu adalah berita yang bagus.

Bab 11 - App Anda Siap Menerima Investasi?, hal. 197-205: Tempat-tempat untuk mencari pendanaan luar: 1) Angel Investor: AngelList, dll; 2) Venture Capital: Sequoia Capital, KPCBs, USVs, Accels, dll; 3) Akselerasi atau Inkubasi: Y Combinator, Techstars, Seedcamp, dll. Angel investor biasanya dapat menyuntikkan dana dari $5,000-$100,000 dan Venture Capital mulai dari $100,000 sampai jutaan dolar. Jika Anda mengikuti program akselerasi/inkubasi, Anda akan disediakan mentor, ruang kantor dan dana yang Anda butuhkan sampai ide start-up Anda tinggal landas. Durasi program ini bervariasi antara 3 bulan sampai 6 bulan.

Bab 12 - Berapa Besar Nilai App Saya dan Berapa Banyak Dana Yang Harus Saya Galang, hal. 206-208: Tidak ada acuan baku tentang menentukan valuasi perusahaan start-up. Hanya beberapa pengalaman dari kelompok-kelompok investor dapat digunakan sebagai rujukan. Menurut Asosiasi Angel Capital, untuk start-up (di Sillicon Valley) yang belum menghasilkan pendapatan pada tahun 2012 rata-rata valuasi awal (sebelum ada investor yang masuk) adalah $2,7 juta. Rata-rata mereka menggalang dana $700,000 dengan imbal balik ekuitas bagi investor 21%-22%. Jadi setelah dana investasi masuk, nilai mereka meningkat menjadi $3,18 juta. Selain memberikan ekuitas kepada para investor, ada opsi lain yaitu dengan melakukan pinjaman yang dapat dikonversi. Pada dasarnya ini adalah pinjaman yang mencakup peminjaman uang yang harus dibayarkan kembali dengan bunga. Tetapi bedanya investor dapat mengubah semua atau sebagian jumlah pokok pinjaman menjadi ekuitas di perusahaan start-up tersebut. Biasanya para investor memberikan diskon ketika mengubah ke pinjamannya ke ekuitas (menjadi sekitar 20%).

Bab 12 - Berapa Besar Nilai App Saya dan Berapa Banyak Dana Yang Harus Saya Galang, hal. 209-211: Setelah Anda mendapatkan suntikan dana Anda harus mulai membuat legalitas perusahaan Anda (jika belum) atau memperbaharui dokumen legalitas perusahaan Anda. (Di Indonesia, membuat perusahaan tidak begitu susah, temui saja seorang notaris yang Anda percayai, dia akan mengurus semuanya, dari Akta Pendirian, SIUP, TDP dan HO. Harganya bervariasi, untuk mendirikan CV biasanya mulai dari 7 juta, sedangkan untuk PT biasanya mulai dari 15 juta.)

Bab 12 - Berapa Besar Nilai App Saya dan Berapa Banyak Dana Yang Harus Saya Galang, hal. 211-212: Pastikan Anda selalu melindungi diri Anda dengan kontrak yang jelas saat Anda berurusan dengan pihak mana pun, freelancer, kontaktor, calon pegawai, lembaga lain, dll. Pastikan juga jika Anda men-subkon pekerjaan Anda, Anda yang memegang hak kekayaan intelektualnya, sehingga mereka tidak dapat menahan mentahan desain, source code, atau apa pun itu dari Anda.

Bab 12 - Berapa Besar Nilai App Saya dan Berapa Banyak Dana Yang Harus Saya Galang, hal. 212-214: Ada baiknya Anda membuat "Penetapan Hak Pendiri (Founder Vesting)" agar setiap pendiri mendapatkan perlindungan legal. Hal ini biasanya diminta saat Anda mendapatkan dana dari Venture Capital untuk menjamin mereka bahwa para pendiri akan terus bersama. Contoh menarik dari konsep ini seperti ini: Anda mendirikan sebuah start-up berdua dengan teman Anda. Masing-masing dari Anda memiliki 50%. 6 bulan kemudian dia ingin meninggalkan perusahaan, tetapi secara legal dia masih memegang 50% kepemilikan. Hal itu tidak menguntungkan bagi pendiri yang lain. Jika kalian membuat suatu founder vesting, kalian bisa membuatnya seperti ini, masing-masing dari kalian dapat memiliki 50% dari kepemilikan perusahaan jika bekerja dalam perusahaan dalam periode 4 tahun. Jika pendiri yang lain keluar dari perusahaan dalam waktu 6 bulan maka dia dapat keluar dengan membawa kepemilikan 6.25% ((6 bulan/48 bulan) x 50%). Ini lebih baik dari pada kehilangan seluruh 50% dari kepemilikan perusahaan.

Bab 12 - Berapa Besar Nilai App Saya dan Berapa Banyak Dana Yang Harus Saya Galang, hal. 214-216: Kita asumsikan pada tahap ini telah disepakati oleh perusahaan Anda dan para investor tentang berapa nilai perusahaan Anda, berapa banyak total saham di perusahaan Anda, setiap-setiap pendiri memegang berapa persen kepemilikan dan investor mana yang membeli kepemilikan seberapa banyak dengan harga berapa, serta semua ketentuan-ketentuan yang telah diatur. Membuat dokumen legal untuk hal ini sangat rumit, maka template-template dokumen legal berikut ini dapat menjadi acuan Anda: 1) Series Seed Documents; 2) Cooley Go; 3) The Founder Institute; 4) dll.

Bab 12 - Berapa Besar Nilai App Saya dan Berapa Banyak Dana Yang Harus Saya Galang, hal. 217: Berikut ini adalah pokok-pokok pikiran yang seharusnya Anda temukan di dalam term sheet:.

1) Sertifikasi atau artikel-artikel pendirian perusahaan yang dinyatakan ulang, yang biasanya diperlukan untuk mendokumentasikan dengan benar keberadaan dan perlakuan yang melingkupi golongan baru saham preferen (preferred stock) yang diminta oleh invetor.
2) Perjanjian investasi saham preferen, yang mendokumentasikan perincian aktual investasi.
3) Anggaran rumah tangga yang menjelaskan secara detail bagaimana pengelolaan sebuah perusahaan--baca bagian ini dengan sangat hati-hati.
4) Persetujuan pemilihan anggota dewan direksi, yang memilih anggota dewan yang mewakili para investor.

Bab 12 - Berapa Besar Nilai App Saya dan Berapa Banyak Dana Yang Harus Saya Galang, hal. 217-218: Berikut ini adalah beberapa saran yang bagus mengenai perjanjian dengan investor:.

1) Anda harus selalu menegosiasikan term sheet secara langsung dengan para investor dan tidak bersembunyi di belakang pengacara. Jika Anda tidak bisa bersepakat dengan investor Anda mengenai term sheet tersebut, sebaiknya hentikan perjanjian sekarang.
2) Baca dan pahami segalanya hal yang ada di dalam term sheet. Namun, ketika sudah saatnya untuk menutup (yang bisa sangat panjang), duduk bersama pengacara Anda dan minta mereka menjelaskan secara menyeluruh, fokus pada klausul-klausul yang bisa dibuat lebih menguntungkan bagi start-up.
3) Cari pengacara yang bagus. Tanya lima pengacara yang telah bekerja , baik di pihak pebisnis maupun investor. Dengan cara ini Anda mendapatkan perspektif yang lebih kaya. Jangan berasumsi pengacara Anda baik hanyak karena dia bekerja pada sebuha firma hukum besar. Saya (penulis buku, red) sudah pernah menggunakan jasa para pengacara fantastis di firma-firma kecil. Gali pengalaman pribadi mereka dan lihat VC (venture capital) mana yang pernah mempekerjakan mereka sebelumnya dan start-up mana yang diwakili.
4) Anda mungkin tidak akan mampu membedakan saran legal yang baik atau buruk pada tahap ini. Jadi,
banyak ajukan pertanyaan, usik orang-orang, dan jangan menandatangani apa pun yang membuat Anda tidak nyaman. Dan, ingat: ini sudah dilakukan berkali-kali sebelumnya, dan ada setumpuk informasi tentang kesepakatan-kesepakatan tahap ini di internet.

Bab 12 - Berapa Besar Nilai App Saya dan Berapa Banyak Dana Yang Harus Saya Galang, hal. 218-219: Ingat tidak ada yang gratis untuk proses legalisir. Di Eropa Anda harus siap-siap mengeluarkan dana 10,000-20,000 euro untuk putaran investasi awal. Jadi, ingatlah perhitungan sederhana berikut ini: A + (-B) + (-C) = D; dimana A=jumlah (bruto) dana yang diinvestasikan oleh investor, B=biaya pengacara/notaris perusahaan start-up, C=biaya legal dari pihak investor, D=jumlah (net) dana yang diinvestasikan oleh investor.

Share this post to the world:
Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinFacebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *