iOS App Dev. 101 – Dasar-Dasar Pengembangan Aplikasi iOS

Spesifikasi iOS App Dev. 101 Dasar-Dasar Pengembangan Aplikasi iOS

Penulis: Luthfi Fathur Rahman

Penerbit: PT. Elex Media Komputindo

Tempat/Tahun Terbit: Jakarta/2017

ISBN: 978-602-04-5052-0

Jumlah Halaman: 120 (excl. Cover)

Cover: Paperback

Kita semua tahu bahwa Apple, Inc. adalah salah satu raksasa teknologi yang menyediakan berbagai perangkat untuk menunjang kretifitas dan produktifitas sehari-hari. Dengan produk perangkat kerasnya yang revolusioner, iPod dan iPhone, Apple menjelma menjadi raksasa teknologi yang tak terkalahkan. Mereka memiliki semua lini perangkat keras, mulai dari desktop & mobile computer, iMac & seri Macbook, sampai mobile device seperti iPod, iPhone, iPad, dan yang terbaru adalah wearable device, Apple Watch. Dengan desain perangkat yang cantik dan stylish, menjadikan produk mereka disukai oleh semua kalangan dan dijadikan simbol gaya hidup. Semua perangkat keras ini didukung oleh closed system environment yang mereka usung sejak awal. MacOS, iOS, watchOS, bekerja secara halus dan dapat terhubung satu dengan yang lainnya dengan mudah. Terlepas dari harga produk Apple yang terbilang mahal, Apple memudahkan penggunanya dengan sistem yang mereka buat. Apple App Store adalah salah satu toko aplikasi terbesar dengan nilai transaksi mencapai USD 500 juta (Rp 6,3 triliun) pada awal tahun 2015. Salah satu penyebab perolehan nilai transaksi yang besar ini adalah tipikal para pengguna produk Apple yang banyak tidak berfikir 2 kali untuk membayar sebuah aplikasi. Oleh karena itu, Apple App Store adalah tempat yang potensial untuk memonetisasi aplikasi yang Anda kembangkan.
Sayangnya, di Indonesia, jarang ada buku yang berisi cara mengembangkan aplikasi di produk-produk Apple, baik dengan menggunakan bahasa Objective-C ataupun Swift. Sepertinya para pengembang aplikasi produk Apple di Indonesia banyak mengandalkan tutorial gratis di internet. Untuk mendorong perkembangan para pengembang aplikasi di Indonesia, saya membuat buku ini. Buku ini dibuat untuk memudahkan para pengembang mempelajari Swift dan Xcode dalam satu buku yang komperhensif dan buku ini diperuntukan bagi para pengembang pemula aplikasi produk Apple. Para pembaca diharapkan telah memiliki dasar yang kuat tentang alogritma dan pemrograman dan juga telah memahami pemrograman berorientasi objek dan konsep Model-Visual-Controller (MVC) yang banyak digunakan saat ini.
Pada buku ini yang digunakan adalah Xcode 8 dan Swift versi 3. Keduanya adalah major upgrade yang dirilis pada akhir tahun 2016. Perubahan beberapa nama fungsi pada beberapa API membuat para pengembang susah. Oleh karena itu, Apple menyediakan fasilitas migrating tools. Materi yang saya ajarkan di buku ini sangat praktikal, objek-objek umum yang dipakai pada aplikasi berbasis Swift sudah saya tuliskan di buku ini. Tetapi perlu diingat, buku ini bukan panduan utama untuk mempelajari cara mengembangkan aplikasi untuk produk Apple. Saya menyarankan Anda untuk lebih mengulik sendiri bahasa pemrograman dan Integrated Development Environment-nya (IDE). Gunakan kreatifitas Anda untuk mengembangkan aplikasi yang keren dan bermanfaat bagi banyak orang. Semoga sumbangsih saya melalui buku ini dapat memberikan kontribusi untuk memajukan masyarakat Indonesia.

Untuk melihat pratinjau (preview) buku ini, silahkan kunjungi tautan berikut:

Seperti yang telah diketahui di Indonesia, PT. Elex Media Komputindo adalah anak perusahaan dari Group Gramedia. Saya memilih bekerja sama dengan penerbit Elex Media karena selain namanya yang sudah terkenal untuk menerbitkan buku-buku laris berkualitas, buku yang saya tulis bisa mendapatkan exposure yang bagus dari luasnya jarigan pemasaran mereka. Selain dijual di toko buku terbesar di Indonesia secara offline, yaitu Gramedia, buku saya juga dijual secara online oleh penerbit. Berikut ini daftar tempat Anda dapat membeli buku saya secara online:

Share this post to the world:
Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinFacebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

4 Comments on “iOS App Dev. 101 – Dasar-Dasar Pengembangan Aplikasi iOS

  1. kak buku yang ios nya disertai dengan source code2nya tidak kak ? klo sudah beli bukunya boleh minta gitu kak link sourcecodenya ? trimakasih

    1. iya, di dalam buku itu memang saya berikan URL untuk mengakses source code via GitHub, jadi bisa lebih enak untuk memahami materi pada buku saya.

      1. saya tertarik dengan materi bukunya kak, tpi keliatanya sulit untuk menemukannya kak bukunya ? dimanakah selain tempat diatas saya bisa memperoleh bukunya ?? atau ada kah versi ebooknya ?tks

        1. Mungkin bukunya memang sudah banyak yg out of stock di toko2 offline atau online, coba telfon ke Elex Media Computindo aja selaku penerbit buku saya. Biasanya penerbit ada menyimpan sisa2 buku. Kalau di mereka sudah habis juga, hubungin saya lagi saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *