Movie Review: Split

Tanggal 20 Januari 2017, Split dirilis di USA. Film ini bercerita tentang penderita DID (dulu dikenal sebagai Multiple Identity Disorder, kepribadian ganda), Kevin Wendell Crumb (diperankan oleh James McAvoy), yang menculik 3 orang siswi SMA lalu menyekap mereka di basement sebuah kebun binatang tempat dia bekerja. Kevin memliki 23 kepribadian dalam dirinya selain dirinya sendiri, yaitu Dennis, Patricia, Hedwig, Barry, Jade, Orwell, dll. Kevin adalah korban dari kekerasan terhadap anak-anak yang dilakukan ibunya sejak dia berumur 3 tahun. Dia menculik 3 orang siswi ini awalnya karena kesenangan nyeleneh salah satu kepribadiannya, Dennis, yang suka sekali melihat wanita menari telanjang. Lalu, tujuan penculikan merekapun berubah menjadi "tumbal" untuk The Beast, identitas Kevin yang ke-24. Akankah ketiga siswi ini bertahan hidup dan lolos dari The Beast? You must see it in this movie!

Kehebatan McAvoy dalam berakting terlihat jelas di film ini. Dia dapat memerankan berbagai karakter dengan sangat baik, mulai dari anak kecil (Hedwig, berumur 9 tahun), wanita dewasa (Patricia dan Orwell), pria dewasa yang memiliki berbagai gangguan mental (Dennis memiliki berbagai gangguan mental seperti OCD, melihat wanita menari telanjang), sejarawan (Jade), fashion designer (Barry dengan gaya designer yang "melambai"), bahkan sampai memerankan karakter yang bukan manusia (kepribadian ke-24, The Beast). Semua perbedaan karakter-karakter tersebut dapat terlihat jelas dari mimik muka dan gerak-gerik tubuh McAvoy.

Terlepas dari berbagai kritik yang didapatkan film ini, M. Night Shyamalan patut diacungi jempol atas karyanya ini. Dia berhasil membuat emosi penonton mengalir, naik dan turun, seiring berkembangnya alur cerita. Pada tahun 2000, Shyamalan juga membuat film yang hampir mirip berjudul Unbreakable yang diperankan oleh Bruce Willis (sebagai David Dunn) dan  Samuel L. Jackson (sebagai Elijah Price). Di akhir film Split, Shyamalan menyelipkan kemunculan karakter David Dunn. Hal ini membuat penonton berspekulasi bahwa sequel dari film ini akan dipertemukan dengan film Unbreakable. Karya lain Shyamalan adalah The Sixth Sense (1999, dengan pemeran utama Bruce Willis), Signs (2002, dengan pemeran utama Mel Gibson) dan The Visit (2015, dengan pemeran utama Olivia DeJonge), jadi sudah pasti Split tidak akan kalah seru dari film-film thriller Shyamalan yang lain.

4.8 Stars

Share this post to the world:
Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinFacebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *