Movie Review: Sing

Tanggal 21 Desember 2016, Illumination Studio merilis film animasi 3D musikal terbarunya yang berjudul Sing. Illumination Studio adalah studio animasi yang membuat film Despicable Me yang meledak karena karakter minion-minionnya. Sing mengambil cerita tentang showbiz, lebih tepatnya tentang singing contest yang sedang banyak digemari masyarakat beberapa tahun belakangan ini. Dengan karakter-karakter binatang yang menggemaskan dan cerita yang tidak biasa menjadi keunggulan film ini. Saya belum dapat angka pendapatan saat weekend release nya di Amerika, tetapi dari yang saya lihat saat menonton film ini kemaren, penontonnya lebih banyak dari Moana.

Sing dimulai cerita tentang Buster Moon, seekor koala yang menjadi central character, bagaimana dia memulai di bisnis hiburan. Kemudian diceritakan bahwa bisnisnya mengalami kebangkrutan. Untuk menyelamatkan bisnisnya dia ingin membuat suatu kontes menyanyi yang akan menarik minat masyarakat. Kemudian dia menyuruh sekretarisnya, Miss Carwly, seekor kadal tua yang matanya buta sebelah, untuk membuat palmfet tentang kontes menyanyi ini dengan hadiah USD 1000. Kekacauan dimulai saat Miss Crawly tidak sengaja menulis hadiahnya menjadi USD 100,000 dan menyebarkannya ke masyarakat.

Hadiah yang sangat besar ini menarik minat banyak masyarakat untuk mengikuti audisi kontes menyanyi ini. Akhirnya terpilihlah Johnny (seekor gorila jantan, anak ketuan geng kawanan perampok), Rosita (seekor babi betina, ibu rumah tangga), Gunter (seekor babi jantan, penari), Mike (seekor tikus jantan, alumni sekolah musik ternama), Ash (seekor landak betina, gitaris sebuah band), Trio kodok penari dan Seekor kambing jantan. Karena suatu insiden trio kodok dan kambing jantan mengundurkan diri dari kontes menyanyi. Kemudian bergabunglah seekor gajah betina yang pemalu, tapi memiliki suara yang sangat bagus.

Sambil mempersiapkan para kontestan dan panggung untuk acara kontes menarinya, Buster Moon juga mencari sponsor untuk hadiah acara kontes menyanyi tersebut. Dia sedang merayu Nana Moodleman seekor domba betina, diva tahun 80-an yang sanget kaya, yang juga nenek dari temannya, Eddie. Sebuah bencana besar terjadi saat Buster Moon sedang mendemokan acara kontes menyanyi nya kepada Nana Moodleman. Bencana ini menghancurkan gedung pertunjukan miliknya, dan membuat dia tidak memiliki apa-apa lagi. Hutangnya yang besar kepada bank yang terus menunggak membuat gedung pertunjukannya disita bank. Sampai akhirnya, Buster Moon nekat membuat acara tanpa memungut tiket dari para penonton di atas tanah gedung pertunjukan yang di sita bank. Acaranya berjalan sangat meriah, sampai-sampai Nana Moodleman mau untuk menjadi investor di bisnis hiburannya Buster Moon, bukan hanya sponsor untuk acara kontes menyanyinya saja. Walaupun agak non-sense, somehow it worked, dan film Sing ini happy ending.

Walaupun dibintangi oleh para aktor dan aktris yang sudah teruji kualitas aktingnya, namun di awal  film ini ceritanya agak membosankan, tapi dari pertengahan sampai akhir cerita, lumayan. Tidak seperti Despicable Me yang dari awal film nya menarik. Mungkin cerita ini kurang digodok dengan baik atau kurang ditambah bumbu-bumbu cerita. Tapi apa yang ingin disampaikan oleh film ini tetap tersampaikan ke pada para penonton, menurut saya. Makna yang dapat diambil dari film ini adalah tidak mudah untuk mendapatkan hati para sponsor/investor dan kontes menyanyi tidak segerlap yang ditampilkan di TV.

3.0 Stars

Studio produksi:

Illumination Studio, Universal Pictures, Hammer&Tongs


Produser:

Dave RosenbaumJanet Healy,Christopher MeledandriIgor Khait dan Brett Hoffman


Sutradara:

Garth Jennings dan Christophe Lourdelet

Pemeran:

-Matthew McConaughey as Buster Moon

-Reese Witherspoon as Rosita

-Seth MacFarlane as Mike

-Scarlett Johansson as Ash

-John C. Reilly as Eddie

-Tori Kelly as Meena

-Taron Egerton as Johnny

-Nick Kroll as Gunter

-Nick Offerman as Norman

-Garth Jennings as Miss Crawly

-Jennifer Saunders as Nana Moodleman


Durasi: 108 menit

Share this post to the world:
Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinFacebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *