Movie Review: Disney’s Moana

Tanggal 23 November 2016, Disney merilis film animasi 3D terbarunya yang berjudul Moana. Masih bertema tentang petualangan Tuan Putri a la disney classic hanya saja kali ini Sang Putri tidak tinggal di kastil mewah bergaya eropa, tetapi seorang putri dari kepala suku, bernama Moana. Walaupun masih mengusung tema yang sama, pendapatan Moana mendekati film animasi disney sebelumnya Frozen dengan angka $56,631,401 (Frozen memperoleh $67,391,326) pada opening weekend-nya. Animo masyarakat pada Moana memang tidak sebesar Frozen.

Moana bercerita tentang petualangan seorang putri kepala desa Motunui untuk menyelamatkan desanya yang ditimpa bencana karena kesalahan yang dilakukan oleh seorang pendahulunya yang bernama Maui. Maui mengambil batu kehidupan dari mother nature untuk dihadiahkan kepada manusia, tetapi dia tidak berhasil memberikannya kepada manusia karena dia dikalahkan oleh monster lahar panas yang ternyata itu adalah perubahan wujud dari mother nature yang marah. Penduduk Motunui dulunya adalah kaum penjelajah, tetapi sejak beberapa generasi sebelumnya mereka menghentikan penjelajahan dan menetap di Pulau Motunui. Mereka memiliki aturan, penduduk desa tidak boleh berlayar melebihi jajaran batu karang di laut pulau Motunui. Saat keadaan di Motunui semakin kritis, panen gagal, hasil laut juga tidak ada, Moana merasa bertanggung jawab untuk menyelamatkan desanya dengan mencari Maui untuk mengembalikan batu kehidupan ke mother nature. Tanpa kemampuan untuk berlayar berhasilkah Moana menemukan Maui dan menyelamatkan desanya dari kesengsaraan? 

Numbers don't lie, saya setuju dengan ucapan ini. Waktu Saya nonton film ini di minggu pertama rilisnya di Indonesia, penontonnya tidak banyak. Tidak sebanyak Frozen, ataupun Trolls. Namun begitu, Saya suka ceritanya. Disney mengangkat unsur budaya baru pada tema tuan putri klasiknya. Duduknya John Lasseter sebagai produser film-film animasi Disney, banyak mempengaruhi  jalan ceritanya. Walaupun Saya tidak kenal pegisi suara karakter Moana, Saya rasa dia berhasil membawakan peranannya dengan baik. Auli'i Cravalho memang aktris pendatang baru di Hollywood, kabarnya dia adalah rising star. Untuk pengisi suara karakter Maui, Dwayne Johnson , tidak perlu diragukan lagi aktingnya. Mantan bintang WWE ini sudah masuk jajaran top aktor laga Hollywood.

Soal teknologi animasi Disney tidak perlu diragukan lagi. Sejak bergabung dengan Pixar, Disney memimpin teknologi film animasi. Satu hal yang paling menonjol menurut Saya adalah animasi air laut yang dihasilkan oleh algoritma mereka keren banget! It resembles the real ocean into its details. Good job Disney (and Pixar) !

moana_characters

4.0 Stars

Studio produksi:

Walt Disney Animation Studios


Produser:

John Lasseter dan Osnat Shurer


Sutradara:

Ron Clements, Don Hall, John Musker dan Chris Williams

Pemeran:

-Auli'i Cravalho as Moana

-Dwayne Johnson as Maui

-Rachel House as Grandma Tala

-Temuera Morrison as Chief Tui

-Jemaine Clement as Tamatoa

-Nicole Scherzinger as Sina


Durasi: 103 menit

Share this post to the world:
Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinFacebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *